Bintang ketiga "SELF REGULATED LEARNER" Cikal bilang sih We constantly reflect, adapt our thoughts and actions towards changing environments for attaining our goals.
Untuk bintang yg ini kita orang tua dikasih exercise bermain bola tanpa ada aturan (hupsss siang2 lumayan bikin keringet), lesson learned everyone has different way to communicate and express themselves. Be respect of different learning style, communication way, or norms. And everyone need to be open for other possibilities and try another way to have positive approach
Ada 3 dimensi dalam bintang ketiga ini commitment disini anak sudah tau tujuannya apa, goalnya apa, bisa ber commitment, lalu self-reliant kemandirian bahwa anak tau klo dia bisa bergantung dengan dirinya sendiri dan yang terakhir reflection jadi bagian yang sangat penting bahwa anak tau bahwa mereka sudah sampai dimana, tau kelebihan dan kekurangan mereka dan tau harus bagaimana.
Untuk bintang yg ini kita orang tua dikasih exercise bermain bola tanpa ada aturan (hupsss siang2 lumayan bikin keringet), lesson learned everyone has different way to communicate and express themselves. Be respect of different learning style, communication way, or norms. And everyone need to be open for other possibilities and try another way to have positive approach
Bintang keempat "BROADMINDED AND PHYSICALLY SOUND" Cikal Said We value the importance of nurturing our curiosity for lifelong learning, exploring knowledge for conceptual understanding and maintaining healthy lifestyles in its contribution to achieve our well-being.
message yang ingin disampaikan oleh bintang keempat ini adalah kita harus mengerti situasi orang lain, awalnya kita merasa itu aneh klo memang tidak sejalan take it step that, reflection apa yah kira2 yang membuat saya dan dia berbeda dan apa dari perbedaan itu yang bisa kita raih sama-sama dan gimana caranya. Dan Cikal berusaha menanamkan kepada anak2 didiknya bahwa mereka berbeda tapi tetap bisa bersama enjoy n have fun together. Dan anak2 diajarkan untuk bisa open minded dan selalu melihat sesuatu dari positive approach. dan Cikal percaya didalam tubuh yg sehat ada jiwa yg sehat juga. karena menurut Cikal stimulasi fisik ada hubungannya dengan kerja otak, emosi dan sikap. Semakin bermakna aktivitas fisik yang dilakukan maka akan semakin menunjang prilaku. Dan Cikal percaya every child deserve equal opportunity to explore, gain positive experiance and accelerate themselves in sport activities.
Bintang kelima "EMPOWERING MEMBER OF JUST, SUSTAINABLE AND PEACEFUL GLOBAL SOCIETY" Cikal bilang sih We are committed to act on any issues that share local and global significance, promote peace and make a positive difference in the world we live in.
Knp sih ada bintang ini keempat bintang diatas akan bersenergi dan bermakna bila ada aksinya untuk diri kita sendiri dan orang lain yaitu melalui bintang ke 5 ini. Dari semua skill yg anak Cikal punya akan lebih bermakna bila berpartisipasi dan memberdayakan masyarakat. Dan Cikal melakukannya di tingkat TK dengan cara membangun kesadaran ttg aku, diriku sendiri dan keluargaku. Sedangkan di level primery kesadaran ttg aku, diriku sendiri, keluarga terdekat lalu lingkungan terdekat, Cikal mencoba membangun rasa anak2 untuk peduli dengan sesama. Service learning adalah salahsatu reflection yang dilakukan dikelas. seperti apa sih Service Learning cycle itu dengan menumbuhkan rasa peduli dengan sesama, lalu mendiskusikan aksi apa yang harus dilakukan dan membuat plan. untuk detailnya ada di foto.
Dimensi dari bintang terakhir ini adalah:
Buat yang ga ngerti sama tulisan gw mungkin dengan melihat video ini akan mendapatkan pencerahan tentang Cikal 5 stars competencies :
https://www.youtube.com/watch?v=wIxfPmB_KxE
https://www.youtube.com/watch?t=50&v=irU_ixmMDE0
No comments:
Post a Comment